Tuesday 5 April 2011


Jejak kerajaan purba di bogor
Sebuah bukti kebesaran sang prabu siliwangi dari kerajaan pajajaran


Kerajaan pajajaran adalah sebuah kerajaan terkenal di jawa barat,berdiri pada sekitar abad 15 M,dengan diperintah oleh seorang prabu bernama siliwangi.menurut keterangan para ahli arkeolog kerajaan ini dulunya berlokasi di daerah bogor.konon sang prabu mempunyai istana yang disebut dengan istana pajajaran.

Salah satu bukti adanya kerajaan tersebut adalah terdapat berbagai peninggalan purba di kota bogor.mulai dari prasasti ciaruteun,hingga prasasti batu tulis.prasasti terakhir ini adalah prasasti yang terpenting,karena secara pasti memberikan keterangan tentang kerajaan pakuan-pajajaran.diketemukan oleh ilmuwan belanda yang bernama scipio,pada pertengahan abad 18.
Prasasti batu tulis terletak di jalan batutulis kelurahan batutulis,kecamatan bogor selatan,kota bogor. Terletak di dalam sebuah bangunan di atas tanah seluas 17x15 meter. Dikomplek terdapat antara lain batu tapak(bekas telapak kaki prabu surawisesa),meja batu bekas tempat sesajen.  Kemudian ada batu sandaran tahta bagi raja yang dilantik  ,batu lingga dan lima buah tonggak batu dari batu lingga.semua batu tersebut terdiri atas  batu risat kelir hitam  .

Prasasti batutulis dibuat pada tahun 1533 masehi,oleh raja surawisesa  (1521-1535 M).raja ini adalah putra prabu siliwangi , raja pajajaran yang memerintah pada tahun 1482-1521 masehi.maksud pembuatan prasasti itu bertujuan,untuk mengenang kebesaran prabu siliwangi.hal tersebut dinyatakan dalam sebuah tulisan,dengan huruf sunda kawi kelir putih di badan batu tersebut .
 Banyak cerita dan rumor yang beredar di masyarakat,tentang kekeutan magis dari batu2 tersebut.haL ini membuat komplek ini dijadikan sebagai lokasi jiarah spiritual oleh sebagian masyarakat.kebanyakan pengunjung berasal dari daerah sekitar bogor,hanya sebagian kecil dari luar. ”Orang kesini “ kata maemunah, 78 tahun,juru kunci generasi kesembilan di Prasasti Batu tulis ini .

Peninggalan lainnya dari kerajaan pajajaran,diyakini masih banyak terdapat di bogor.karena biasanya sebuah kerajaan besar mempunyai beberapa prasasti.lokasi dari setiap prasasti tersebut hingga kini belum diketahui secara pasti.para ahli memperkirakan masih berada disekitar kota Bogor.         

 

Categories:

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!